Puncak HUT RSUP Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) 100 TAHUN

Jakarta - RSUP Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) tepat berusia 100 Tahun pada 19 November 2019 lalu dalam berkiprah untuk bangsa dan negara Indonesia. Masih dalam rangkaian HUT RSCM 100 Tahun, hari ini (21/12) merupakan puncak dari rangkaian kegiatan peringatan satu abad RSCM. Tonggak awal perkembangan RSCM dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat Indonesia dimulai tepat pada tanggal 19 November 1919, dimana Centrale Burgelijke Ziekenhuis (CBZ) didirikan dan bersatu dengan STOVIA.


Kemudian tahun 1942, pada jaman penjajahan Jepang, CBZ dijadikan Rumah Sakit Perguruan Tinggi (Ika Daigaku Byongin). Sejak saat itu, RSCM semakin menunjukkan eksistensinya dalam menyelenggarakan pendidikan kedokteran dan memberikan pelayanan kesehatan berbasis kedokteran spesialistik bagi masyarakat Indonesia.


Tujuan diadakannya kegiatan pada 21 – 22 Desember ini yaitu untuk memantapkan langkah 100 tahun RSCM dengan menyatukan kolaborasi, energi inovatif dan kreatif, semangat kerjasama seluruh civitas hospitalia, serta meningkatkan brand awareness masyarakat melalui pencapaian – pencapaian yang telah diraih oleh RSCM selama ini.


Adapun tema HUT RSCM 100 ini yaitu “Mengukir Karya Meraih Prestasi”, satu abad dalam berkarya, satu abad menempuh lika – liku serta dinamika dan selama satu abad RSCM berjalan menempa diri, terus maju memberikan yang terbaik untuk bangsa dan menjadi pionir pengembangan pelayanan kesehatan dan teknologi kedokteran di Indonesia.


Serangkaian acarapun digelar dua hari penuh diantaranya yaitu exhibition dan promotion (expo), seminar awam kesehatan gratis, battle band, dan penampilan artis papan atas Indonesia. Bukan hanya itu saja, tanggal 21 Desember 2019 juga dimeriahkan dengan adanya Awarding Night, acara ini ditujukan untuk memberikan kepada insan atau institusi yang telah berjasa ataupun berkolaborasi secara aktif dan kreatif dalam pencapaian inovasi pelayanan kesehatan di RSCM. Puncak HUT ini terbuka gratis bagi seluruh pegawai RSCM dan masyarakat luas. Pengunjung yang ingin datang, tinggal download aplikasi RSCM 100th yang telah tersedia di Playstore dan Appstore kemudian lakukan pendaftaran dan perlihatkan barcode aplikasi kepada petugas pada saat hendak masuk acara.


Menempuh kiprah yang telah mencapai satu abad, RSCM terus berkontribusi dan berperan aktif membantu pemerintah dalam bidang pelayanan kesehatan, pendidikan dan penelitian kesehatan. Peringatan HUT Ke-100 tahun ini bukan hanya sekedar kemeriahan, melainkan sebagai pemicu semangat bagi seluruh pegawai RSCM untuk terus berkolaborasi menciptakan kualitas pelayanan terbaik bagi masyarakat Indonesia.


Mengingat produk utama RSCM adalah  pelayanan kesehatan dan sejalan dengan landasan budaya RSCM, maka peringatan HUT Ke- 100 Tahun ini, RSCM mengambil tema “100 Tahun - Mengukir Karya Meraih Prestasi” yang menitikberatkan pada dedikasi RSCM bagi bangsa ini dan mampu menjadi guru bangsa dalam dunia kesehatan di negeri ini.


 RSCM genap telah berusia 100 tahun dan tentunya bukanlah kerja yang mudah untuk mempertahankannya. Seratus tahun  bagi sebuah lembaga adalah tahun yang isitmewa, tak banyak sebuah lembaga mampu melewati usia satu abad. RSCM adalah salah satu instansi pemerintah yang tahun ini masuk 100 tahun, tentunya sudah melewati banyak rintangan, tantangan, dan prestasi. RSCM menjadi rumah sakit yang panjang usia dan rumah sakit ini pula menjadi guru bangsa bagi tatanan pelayanan dan pendidikan kedokteran, Sudah banyak dokter yang dihasilkan dan menyebar ke seluruh Indonesia. RSCM memiliki 24 Departemen Medik yang terdiri dari 167 Divisi menunjukkan bahwa RSCM sebagai penghasil dokter spesialis dan subspesialis terbesar di Indonesia. Kalau setiap divisi memiliki tiga staf Dokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP) saja, artinya sudah hampir 500 dokter dimiliki RSCM. Hal ini merupakan kekuatan yang luar biasa dalam membantu pemerintah untuk mengisi kebutuhan dokter spesialis. Diharapkan fungsi ini dapat perhatian khusus dari pemerintah. Seratus tahun RSCM harus terus membangun kualitas SDMnya demi melahirkan  dokter dan tenaga kesehatan yang berkualitas, sehingga seluruh SDM tersebut akan siap pakai memberi pelayanan yang terbaik untuk masyarakat yang membutuhkan.


Perjalanan keberhasilan tim medis RSCM pertama kali ditorehkan pada tahun 1970 yaitu pemasangan alat angiography pertama di RSCM, tahun 1977  dilakukan operasi penggantian katup jantung pertama di Indonesia, disusul 10 tahun kemudian pada tahun 1987 tim medis RSCM yang dipimpin oleh Prof. Padmosantjojo berhasil melakukan operasi pemisahan kembar siam, kemudian pada tahun 2010 RSCM berhasil melakukan transplantasi pada pasien dewasa.


Memasuki usianya yang ke 100, RSCM unggul dalam pelayanan dan sudah teruji kualitasnya dengan terakreditasi JCI selama 3 periode berturut-turut. Sejalan dengan perkembangan teknologi kedokteran RSCM dilengkapi dengan berbagai fasilitas kesehatan yang canggih, dan mendukung proses pendidikan dan pelatihan RSCM akan terus berusaha menjadi yang terdepan dan menjadi pioner pengembangan pelayanan kesehatan dan teknologi kedokteran termutakhir. Dengan berbagai pelayanan kesehatan terbaik seperti; tranplantasi organ dan jaringan, penanganan diagnosis prostat dengan robotik, pelayanan sel punca, pelayanan endoskopi saluran cerna, pelayanan gamma knife. Selain itu RSCM-FKUI juga mendukung riset-riset pengobatan inovatif yang bermanfaat untuk bangsa, seperti Virna Glaukoma Implant, dan Pusat Produksi Sel Punca dan Produk Metabolit Nasional.


Kiprah RSCM tak terbatas ruangan praktik dan kamar operasi, tanggung jawab sosial juga diimplementasikan dengan menjalin kolaborasi dengan berbagai institusi untuk menolong pasien – pasien yang membutuhkan bantuan, hingga turun di lokasi – lokasi bencana dalam dan luar negeri seperti Aceh, Padang, Palu, Myanmar, Haiti, dan masih banyak lagi.


Usia satu abad layak disyukuri oleh RSCM karena masih dipercaya oleh masyarakat Indonesia dalam memberikan pelayanan kesehatan. Tentunya sebagai rumah sakit pusat rujukan nasional sekaligus rumah sakit pendidikan, RSCM harus terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan untuk menolong dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat luas. Satu abad telah dilalui RSCM, semangat mengabdi semakin terpatri untuk terus berdedikasi nyata bagi bangsa dan negara. RSCM siap melangkah menjadi Rumah Sakit terbaik sepanjang masa dan kebanggaan negeri ini.