Kesiapan The New Normal DYAN Pasca Pandemi Covid-19

Seiring dengan upaya Pemerintah dalam menanggulangi penyebaran virus covid-19, berbagai industri pun harus beradaptasi dan bersiap menuju new normal atau tatanan baru. Tidak terkecuali bagi industri MICE dalam penyelenggaraan event kedepannya dapat memadukan antara event secara online dan offline.

Dalam rangka menyiapkan The New Normal pasca pandemi covid-19, PT Dyandra Media International Tbk (Dyandra), perusahaan induk (holding) dengan kode saham DYAN yang membawahi 26 perusahaan dan bergerak di industri Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition (MICE), Jumat (26/6), melalui entitas anak Perusahaan Dyandra Promosindo mengadakan Press Conference dan Launching yang bertemakan “Dyandra New Adventure: The Biggest End of Year Multi-Industry Event”.

Dyandra Promosindo akan mengadakan proyek kolaborasi terbesar di akhir tahun 2020. Proyek ini merupakan all in one event yang dikemas dengan nama Dyandra New Adventure (DNA) yang menghadirkan empat pameran sekaligus yaitu CREATE by IFEX, IIMS Motobike Show, Property Weekend Fiesta dan Synchronize Festival yang akan diselenggarakan pada                 2-4 Oktober 2020 di JIExpo. DNA akan diselenggarakan mengikuti protokol kesehatan dan keamanan dasar yang telah ditetapkan Pemerintah. Seperti pengecekan suhu tubuh, penggunaan masker atau face shield, menerapkan physical distancing dan menyediakan lokasi untuk cuci tangan/ hand sanitizer. Selain itu, Dyandra Promosindo selaku professional event organizer akan menerapkan standar peraturan baru yaitu menyiapkan crowd controller dan gangway minimal 3 meter, dan para kontraktor akan diwajibkan memakai Standard Safety Uniform saat bekerja.

Hendra Noor Saleh, Direktur Utama Dyandra Promosindo yang juga menjabat sebagai Direktur PT Dyandra Media International Tbk, mengatakan bahwa proyek kolaborasi tersebut diyakini sebagai solusi baru di era new normal ketika masyarakat akan lebih selektif dan efektif saat menghadiri sebuah event. Dengan penggabungan beberapa industri yaitu furnitur, otomotif, properti dan musik, harapannya adalah agar kolaborasi 4 event dapat menciptakan cross audience dan dalam kemasan hybrid ini bisa menjadi langkah pioneer untuk membantu program promosi dan penjualan industri yang tentunya sedang merosot akibat dampak pandemi covid-19.

Industri Event di Era New Normal

Pandemi covid-19 menjadi sebuah peluang dan tantangan baru bagi Perusahaan. Keadaan ini tentu saja membuat percepatan era revolusi industri 4.0, dimana revolusi industri 4.0 merupakan era teknologi digital. Teknologi informasi menjadi pusat semua aktivitas masyarakat. Hal ini tentu saja membuat DYAN sebagai industri MICE yang siap dalam memperkuat layanan digital dalam sebagian besar aktivitas operasionalnya.

Contoh yang sudah diterapkan pada pameran Dyandra Promosindo sebelumnya adalah penggunaan sistem pembayaran non-tunai (cashless payment system), tiket masuk menggunakan Near Field Communications (NFC) system, dokumen kepesertaan disajikan dan dikoordinasikan melalui sistem yang terintegrasi antara peserta dan penyelenggara, penggunaan mobile apps, e-directory/e-catalogue, serta menayangkan live streaming pameran dan konser. 

Berikut adalah daftar penyelenggaraan event yang rencananya akan diselenggarakan oleh Dyandra Promosindo untuk semester 2 tahun 2020 dan tahun 2021 :

  • Jakarta Wedding Festival, 24 – 26 Juli 2020 di Jakarta Convention Center

  • Kickfest XIV Malang, 4 – 6 September 2020 di Lapangan Rampal, Malang

  • The 18th International Franchise, License, and Business Concept Expo & Conference (IFRA), 18 – 20 September 2020 di Jakarta Convention Center

  • Dyandra New Adventure (CREATE by IFEX, IIMS Motobike Show, Property Weekend Fiesta dan Synchronize Festival), 2 – 4 Oktober 2020 di JIExpo. 

  • Indo EBTKE ConEx, 14 – 16 Oktober 2020 di JIExpo Kemayoran

  • Kickfest XIV Bandung, 5 – 8 November 2020 di Lapangan PPI Pussenif, Bandung

  • Indonesia International Motor Show (IIMS) Surabaya, 11 – 15 November 2020 di Grand City Convex, Surabaya

  • Wedding Celebration Festival, 27 – 29 November 2020 di Jakarta Convention Center

  • Indonesia Islamic Festival (IIFEST), 27 – 29 November 2020 di ICE, BSD

  • Indie Clothing Expo (ICE) XII, 4 – 6 Desember 2020 di Grand City Convex, Surabaya

  • MUFFEST, 18 – 21 Februari 2021 di Jakarta Convention Center

  • Indonesia International Motor Show (IIMS) Jakarta, 18 – 28 Februari 2021 di JIExpo Kemayoran

  • Indonesia International Furniture Expo (IFEX), 11 – 14 Maret 2021 di JIExpo Kemayoran

Bisnis Pendukung Event

Situasi saat pandemi covid-19 dimanfaatkan secara baik oleh salah satu anak Perusahaan DYAN, yaitu Samudra Dyan Praga (SDP) dalam proyek pengadaan Rumah Sakit Darurat covid-19 di Rumah Sakit Persahabatan, Jakarta. Dalam proyek tersebut, SDP membangun ruang perawatan menggunakan tenda berjenis Roders seluas 640 m2 dengan kapasitas sebanyak 50 tempat tidur medis. Selain itu, dengan mempertimbangkan kondisi pandemi covid-19 di dunia, penyelenggaraan World Dubai Expo ditunda menjadi 1 Oktober 2021 – 30 Maret 2022.

Bisnis Hotel

PT Graha Multi Utama, sub-holding dari PT Dyandra Media International, Tbk yang mengoperasikan bisnis hotel juga secara bertahap sudah mulai membuka Hotel Amaris Bandara dan Amaris Pekanbaru sejak 4 Juni 2020 lalu dan Hotel Amaris Panglima Polim 2 yang sudah mulai beroperasi sejak 15 Juni 2020. Sedangkan untuk Hotel Santika Siligita (Bali) dan Amaris Pratama (Bali) rencananya akan mulai beroperasi di bulan Agustus 2020. Tentunya Perusahaan terus memantau penerapan protokol kesehatan baru guna melindungi tamu hotel tanpa mengurangi kualitas layanan hotel. Sehingga para tamu hotel akan tetap merasa nyaman dan aman ketika menginap di hotel.

Bisnis Ruang Konvensi & Pameran

Bali sebagai destinasi wisata yang terkenal dengan  keindahan alam dan budayanya menjadi  daya tarik utama dalam mendatangkan wisatawan mancanegara dan nusantara.

Sektor pariwisata sangat terpuruk dengan adanya pandemic covid-19 dan upaya pemulihan dilakukan pemerintah dengan mempersiapkan panduan protokol kesehatan new normal  dan tatanan  kehidupan perekonomian  masyarakat pasca pandemi covid-19. Pemerintah provinsi berencana membuka Bali untuk pasar domestik pada bulan Agustus dan apabila laju penambahan kasus covid-19 menurun, Bali siap dibuka untuk wisatawan mancanegara pada bulan September 2020.

PT Nusa Dua Indonesia (NDI) yang mengoperasikan pusat konvensi dan pameran berlokasi di Bali dan Surabaya yaitu, Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) yang dilengkapi dengan hotel bintang lima, Bali Nusa Dua Hotel (BNDH), dan Dyandra Convention Center Surabaya (DCCS), mendukung penuh peraturan Pemerintah Pusat maupun Daerah dan akan mulai beroperasi secara bertahap sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

DYAN Optimis dengan The New Normal

Menurut Adrian S. Herlambang, Direktur Utama PT Dyandra Media International Tbk, masih optimis dengan prospek bisnis MICE di tahun 2020, walaupun perkembangan virus covid-19 cukup memberikan dampak yang signifikan. Dalam kondisi saat ini, Perusahaan tetap mengejar revenue dan operasional Perusahaan dijalankan secara lean untuk mengantisipasi operating profit yang diperkirakan menurun. Di sisi lain, Pemerintah akan mengoptimalkan industri MICE sebagai salah satu unggulan penopang target kunjungan wisatawan mancanegara lima tahun mendatang. Dengan demikian prospek usaha di tahun mendatang diharapkan semakin membaik. 

Video Protokol Kesehatan Dasar & Standar Keamanan:

Dyandra Promosindo

https://www.youtube.com/watch?v=468VEISroB8

https://www.instagram.com/tv/CBE81plgVpV/?igshid=qwbavx96v859


Bali Nusa Dua Convention Center

https://www.instagram.com/tv/CB2fHdFBLOK/?igshid=1bv474ct3b2wx


***

Informasi lebih lanjut harap menghubungi:

Savira Nadia

Corporate Communications PT Dyandra Media International, Tbk

Mobile. 0821.1338.3346

Email. vira@dyandra.com

Address. Jl. Gelora 7 No 15, Palmerah, Jakarta Pusat 10270

Tentang PT Dyandra Media International Tbk

PT Dyandra Media International Tbk resmi menjadi perusahaan publik pada tanggal 25 Maret 2013 dengan mencatatkan 1.282.000.000 lembar saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pada awal berdirinya, tahun 2007, Dyandra dibentuk sebagai perusahaan induk (holding company) bagi beberapa perusahaan yang bergerak di industri Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition (MICE).

PT Dyandra Promosindo merupakan perusahaan pertama di bawah payung PT Dyandra Media International Tbk. Hadir sejak 3 Maret 1994, perusahaan ini bergerak di bidang penyelenggaraan pameran di Indonesia. Seiring dengan pertumbuhannya, PT Dyandra Promosindo memperluas usahanya dengan membuka kantor-kantor cabang di Surabaya, Yogyakarta, dan Makassar.

Perseroan membagi bidang usahanya menjadi 4 pilar bisnis yaitu:

  • Bisnis Penyelenggara Event/Pameran (PT Dyandra Promosindo)

  • Bisnis Pendukung Event (PT Dyamall Graha Utama)

  • Bisnis Ruang Konvensi dan Pameran (PT Nusa Dua Indonesia)

  • Bisnis Hotel (PT Graha Multi Utama)

***